Senin, 03 Desember 2007

Pangandaran, 1-2 dec'07...

Akhirnya ikutan jg acara ini, 'tadabur alam, baksos & temu alumni FKA korwil jabar, ESQ 165'. Awalnya sempet ragu2 tuk ikut, gara2 tempatnya di pangandaran, tapi stelah gw cari2 info dari adekq, ternyata pangandaran aman, yg agak2 rawan justru daerah banten. Bukannya gw nggak percaya ma panitia, tp antisipasi boleh donk. Yg bikin gw pengen banget ikutan, karena ada Ary ginanjar & dwiki darmawan. Udah kebayang aja, konser di pinggir pantai & tausiahnya P’ary, pasti seru abis …

Pergi dari bdg, sekitar jam stengah 8. padahal ngumpul udah dari jam  6. ngareett bo.. ternyata ‘tuk yg atu itu tetep aja, biarpun ESQ jg, gw pikir bakal beda.hehe.. memang susah ngatur segitu byk orang. Dari bandung 6 bis, blm ditambah konvoi skitar 10 mobil pribadi, yg rata2 pake plat no …165… (segitunya nge-fans-nya ya?!.. kalo gw sih tetep pgn punya mobil, plat D 471EN hehe, maksa… ).

Perjalanan ke pangandaran lmyn seru, di dlm bis panitia bikin acara sharing. Tp tetep gw lbh banyak ngobrol ma ulil, tmn sebangku. ‘n lucunya ada acara khusus buat gw.. kursus bhs sunda gratis.. wakakak.. ada ibu2 bageur yang nggak cape2 ngajakin gw ngobrol, pake bhs sunda,lemes pula.. padahal sunda gw ancur… akhirnya gw banyak nanya deh, artinya apa?! hehe.. jelas2 di awal gw udah bilang, ‘Punten bu, abdi teu tiasa nyarios sunda lemes, abdi sanes ti sunda asli. Tapi si ibu ini kekeuh, ‘Sawios-wios neng, matakna kedah diajar nyarios lemes…Waaaa….  Ya sutralah.. jalanin aja...

Sampe di pangandaran skitar jam5 sore, jadinya nggak bisa ikutan baksos deh..
Lokasi acara di pinggir pantai, keliatan banget ombak yg lagi gede & pasang. Panggung utama ditengah2 dikelilingi tenda2 dom tentara tuk nginep.
Acara pembukaan bentar, ptandingan2, ‘trus chek sound ferry curtis & kang dwiki, baru acara bebas deh. Langsung gw jalan-jalan ke pinggir pantai, sayang mendung jd nggak kebagian sunset deh… hiks.  ‘n beneran malemnya sempet ujan deres, untung cuma 1 jam. Jd acara utama nggak keganggu.

Oya total peserta skitar 1600orang dari smua daerah di Jabar. Tapi biarpun gitu, emang lagi rejeki gw kali ya.. gw bisa duduk, persis didepan panggung, deket 'ma Pak Ary lagi..
senangnya.. berasa VIP deh, dari dulu gw emang pengen banget denger live ceramah P’Ary, skrg malah duduk deketan.. hehe..segitunya yak... 

Acara pertama konser angklung & puisi2nya Agung Kasuari yg judulnya titik nadir, skalian launching album. Misi-nya, ‘tuk nunjukin kalo angklung emang budaya asli ind. Bagus sih ide-nya.. tp koq gw nggak dpt soulnya ya.. sense of romance gw lg turun kali..hehe.

Trus masuk acara ke 2, Dwiki darmawan kolaborasi ma Rafli Aceh ‘n Bang irfan. Dua nama yg terakhir asli gw nggak kenal. Tapi ternyata suaranya keren abis. Rafli aceh, suaranya kolaborasi an tara suara Judika & Gito Rolis, tinggi banget. Bang Irfan, nyanyi rasta & gitar akustiknya keren bgt. Beneran berasa nonton jakjazz di pangandaran. Nggak nyesel gw, jauh2 dtg kesini.
Baru terakhir acara tausiah n doa bareng ma Pak Ary. Bagus isinya.. bikin gw langsung nangis, berasa keciiilll bgt.hiks..  (balance deh, dunia akherat dpt..hehe).

Acara panggung, selesai sampe jam12an, peserta ada yg nginep di hotel, rmh2 penduduk or tenda. Awalnya gw udah planning mau di tenda aja. Tapi akhirnya ada bu mumun, yg baek hati nawarin gw ma ulil tuk gabung di rmh penduduk. Alhamdulillah deh, dpt tumpangan, walaupun sekamar ber5, tapi asyik2 aja. Yg paling gw bersyukur, kamar mandinya bersih..hehe.. gw pemilih bgt ma yg atu itu..hehe. Oya, dikit info diblkg hotel pangandaran, banyak rumah2 penduduk yg disewain tuk tamu2. yg katanya sih, dulu mereka kena korban tsunami jg.. (‘nggak kebayang dulu gimana, perasaan ini udah lmyn jauh dari pantai).

Malem banget, skitar jam3 mlm, ada acara tahajud bareng, doa bersama sambil nunggu subuh, trus ditutup ma ceramahnya ustad toto yg bodor abis. Berhubung gw lagi libur, gw Cuma duduk dipinggir, merinding banget liat orang segitu banyak pada sholat jama’ah malem2, dipinggir pantai, cuma diterangin sama bulan n bintang.. subhanallah.. Speechless gw..

‘n paginya acara bebas lagi.. gw hunting sunrise.. tp blm rejeki lg, awan mendung & ombak lmyn gede. Jadinya gw jalan2 n foto2 narsis ..udara pagi dipinggir pantai.. enak bgt, sepi n adem.. oya, gw jg sempet nyobain ngopi di warung2 kecil pinggir pantai.. hmm.. enak bgt...

Sesudah sarapan, ada acara bersih2 pantai, tapi gw ngabur..hehe. coz ibu les sunda itu, berbaek hati nawarin gw tuk istirahat n bersih2 di hotel. Waah.. senangnya. Ternyata slama perjalanan ini, cuma 2x gw dpt toilet yg alakadarnya.. yg laennya bersiiiih.hehehe.

Singkat cerita, sampe di bdg lg skitar jam5 sore.. it’s nice trip, nggak nyesel gw ikut. Walaupun besoknya gw tumbeng, suara gw ilang.. kayaknya nggak kuat ‘ma angin laut. Jadi kepikir gw, hebat banget ya nenek moyang kita.. kayaknya 'nggak pernah denger pelaut kena radang tenggorokan.hehe.. gw cuma 2 hari aja udah tumbeng.. hiks

Oya, ampir lupa. Gw dpt kata2 baru..  rada garing sih, tp lmyh lah kreatif…
KDI : kasep dambaan istri, n Tawadu alias Tara Mawa Duit..wakakak..
sumpah pak, garing abis tp kreatif lah… ^_^

 

3 komentar: