Kamis, 24 Juli 2008

Cuci Tangan yang Bener..

Cuci tangan… Hal kecil yang pastinya sering kita lakukan. Minimal sebelum makan, kita pasti cuci tangan kan... Tapi ternyata nggak semua orang tahu, gimana cara cuci tangan yang bener. Termasuk gw...hehe..

Terbukti di acara training minggu kemaren, dari 22 orang peserta, cuma 3 orang yang tahu cara cuci tangan yg bener. Itu pun, karena mereka dokter. Sampe2 ibu trainer yang tadinya mau ngasih contoh soal standar cuci tangan yang bener, masih kurang lengkap juga. Memang ini bukan training kesehatan sih, tapi training pembuatan Standar kompetensi. jadi wajarlah trainernya salah. Kita ngerti koq bu.. hehe.

Cara cuci tangan yang bener :

  1. Sebelumnya, semua perhiasan yang ada di tangan & jari, cincin, jam tangan, gelang, harus dilepas.
  2. basuh tangan dengan air bersih, baru dikasih sabun secukupnya.
  3. gosok-gosok telapak tangan, baru punggung tangan
  4. berikutnya bersihkan sela-sela disetiap jari tangan (nah ini, yang orang2 sering lupa. Jelas-jelas, disitu tempatnya kuman/kotoran banyak nempel)
  5. kemudian, gosok-gosok jari kuku di telapak tangan. Gantian kanan n kiri ya..
  6. baru terakhir gosok pergelangan tangan.
  7. Kalau semua udah bersih, di lap deh.. selesai..

Kata Ibu dokter Meily sih lamanya sepanjang satu lagu 'Hapy birthday' deh..

Memang tampaknya agak ribet, tapi kalo dipraktekin ‚nggak susah koq.. gw juga baru mulai praktekin sekarang2... 'nggak ada kata terlambat deh...  yang penting sehat.. terbukti banyak orang sakit gara2 masalah cuci tangan ini...

It’s simple things, but very important... 
Makanya sengaja aku posting, coz yang posting menu & tempat makan enak banyak.. nah, biar kumplit, cuci tangannya jg kudu bener....hehe..maksa...
^_^

Yuk..mari cuci tangan yg bener.. sakit itu nggak enak, teman....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar