Senin, 28 April 2008

LASIK.. ini pilihan, bukan keharusan...

Lewat tulisan ini, aku mau sharing soal LASIK yg baru aja aku jalanin.
Sekali lagi aku tekanin, ini salah satu pilihan / cara untuk orang yg matanya kekurangan (minus, silindris, plus) agar bisa liat dengan normal lagi. Bukan suatu keharusan...
Khususnya buat yg bermata minus & silindris tinggi, seperti aku, LASIK ini ngebantu banget.
Memang sih pake kacamata jg baek2 aja, coz aku nggak berani pake softlens/hardlens.
Teknologi optik jg skrg dah cangging, min tinggi kacamata tetep bisa dibikin tipis.
Tapi siapa sih, nggak pengen punya mata normal.  Akhirnya cari info deh soal LASIK, yg dah dari thn 2000 awal masuk indonesia.

Asli awalnya aku jg takut, tp setelah mikir panjang & rajin menabung juga tentunya.. Asli buat aku, ini termasuk mahal banget. Tapi ya, namanya usaha, demi kesembuhan...
'n pas ngejalaninnya jg, deg2an banget, sampe kepikir.. oh, mungkin bgini rasanya ibu2 yg mu pada ngelahirin..hehe. akhirnya pasrah & banyakin doa aja...  bener, saat ngejalanin aku berasa di titik NOL.. kerasa banget, cuma Allah satu-satunya tempat kita berharap & meminta...

Tapi akhirnya, syukur Alhamdulillah, lewat LASIK ini, aku berhasil lagi nikmatin anugrah terindah yg Allah kasih untuk setiap orang, MATA yg normal.
'n sehabis LASIK ini, gw sempet berasa jadi orang paling NORAK... Semua tulisan yg aku temuin di jalan2 aku bacain, mulai dari iklan2 sampe tulisan gak penting.. hehe. semua ini untuk ngetes mata bisa baca or nggak.. Berasa seneng banget, bisa baca smua tulisan itu, tanpa kacamata lagi..  ^_^

Aku Lasik di Klinik Mata Nusantara (KMN), kebun jeruk.
ini aku sharing infonya.. siapa tahu ada yg perlu
sumber http://www.klinikmatanusantara.com
Teknologi LA
VISX LASIK di Klinik Mata Nusantara menggunakan teknologi VISX STAR S4™ Excimer Laser System and WaveScan WaveFront® System yang merupakan teknologi terdepan saat ini. Awalnya, teknologi digital berbasis WaveScan® ini dikembangkan pada teropong bintang untuk mengurangi distorsi penglihatan obyek jarak jauh di angkasa. Sekarang, berkat teknologi ini, para dokter sudah dapat mengidentifikasi, mengukur bahkan mengkoreksi ketidaksempurnaan penglihatan manusia jauh lebih akurat. Akurasi metode ini mencapai 25 kali lebih baik dibanding metode standar yang digunakan pada kacamata dan lensa kontak.

VISX Incorporated sendiri adalah market leader dalam bidang koreksi mata dengan laser (laser vision correction) dan satu-satunya yang telah dipercaya untuk melakukan lebih dari 3 juta prosedur LASIK di dunia.



Prosedur LASIK

LASIK dilakukan hanya dengan anestesi topikal (tetes mata) dan tanpa rawat inap. Anda akan tetap sadar selama operasi berlangsung yang memakan waktu kurang lebih 10 menit per mata.

Mata anda akan terus terbuka dengan bantuan alat khusus. Anda hanya diminta menatap pada satu titik sasaran (biasanya lampu merah kecil yang berkedip-kedip) pada mesin laser.

Anda akan mendengar suara mekanik mikrokeratom dan tembakan sinar laser, tetapi tidak akan terasa sakit pada saat maupun setelah operasi.

Anda bisa langsung dapat melihat segera setelah operasi, tapi jauh lebih baik lagi pada keesokkan harinya walau masih terlihat sedikit kabur. Kemudian, berangsur-angsur akan lebih baik lagi sampai 1 minggu kemudian. Selanjutnya, tajam penglihatan akan semakin jelas walaupun kadang-kadang masih merasa silau terutama melihat cahaya pada malam hari. Proses ini terjadi secara bertahap dalam jangka waktu 1 sampai 3 bulan.


APAKAH KEDUA MATA DAPAT DIOBATI BERSAMAAN?
Ya. Riset telah membuktikan bahwa LASIK pada kedua mata dapat dilakukan bersamaan dan aman. Keuntungan lainnya adalah waktu operasi yang lebih singkat, tidak ada masalah pada keseimbangan antara mata yang sudah dioperasi dan yang belum dioperasi, rehabilitasi mata lebih cepat karena kedua mata dapat sembuh bersamaan pula.


Persyaratan LASIK

Agar dapat diobati dengan metode LASIK, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:
  • Berusia 18 tahun ke atas.
  • Memiliki penglihatan yang stabil selama paling tidak 6 bulan.
  • Tidak pernah memiliki penyakit mata yang parah.
  • Tidak sedang hamil, kaca mata Anda akan berubah-ubah saat hamil.
  • Tidak menderita diabetes.
Anda diharapkan untuk membahas teknik bedah tersebut dengan dokter mata Anda. Kemudian mata Anda akan diperiksa dan beberapa tes khusus harus Anda jalani untuk menentukan apakah operasi dengan laser sesuai untuk Anda.

info TAMBAHAN :
Ada lagi teknologi baru, yg lebih canggih dari LASIK, yaitu iLASIK. teknologi ini udah diakui oleh NASA untuk para astronotnya. n skrg udah masuk di Indonesia.

iLASIK, merupakan perpaduan antara Intralase dan VISX Advanced CustomVue, yaitu prosedur LASIK tanpa pisau dengan tingkat keamanan, keakuratan, dan kehandalan yang belum pernah ada sebelumnya, dan kini hadir di Klinik Mata Nusantara.

Tambahan dari Saya...
Sebenernya hasilnya sama aja. Hanya ukuran lensa yg terlaser lebih canggih lagi.. lupa berapa mikron. Tapi Alhamdulillah, kalau untuk saya, lewat LASIK, juga udah bagus banget..
Malah syukur Alhamdulillah, besoknya mata saya nggak pake acara merah segala.. langsung bisa liat jelas untuk baca jauh. Tapi memang kalo untuk baca deket, masih agak2 suka pusing.. perlu waktu kali ya.. Minta Doa-nya smoga saya cepet sembuh n pulih lagi ya.. Amiiin...  thanks b4..

9 komentar:

  1. makasih infonya mbak...kbetulan aku minus neh...malah silindris juga...

    BalasHapus
  2. sama2 Pak.. moga bermanfaat infonya.
    Oya, aku lupa nulis.. ada lagi teknologi baru iLASIK yg baru ada satu2nya di Indonesia, dan udah diakui ma NASA. Tapi Alhamdulillah, buat saya, cukup LASIK aja, udah bagus banget koq. Malah hasilnya, besoknya Alhamdulillah, mata saya nggak merah sama sekali . sementara yg pake iLASIK, matanya agak2 merah dulu.

    BalasHapus
  3. berapaan yah LASIK satu mata..?
    apa ada patokan berapa minus / sildres yg bisa di lasik ?
    trim infonya..//sambil baca2 iklan di jalanan :D

    BalasHapus
  4. penjumlahan minus+ silindris yg bisa dilasik, kalo nggak salah total 13, per mata. (maaf, agak2 lupa euy). (contoh:mata kanan saya : min 4,75, silindris 1.75; jadi total mata kanan saya = 6,5).
    Biaya satu mata, 7,5jt. Tapi Alhamdulillah kalo kita ikut sminarnya, dapat voucher diskon 1jt / 2 mata plus biaya kosultasi dokter gratis. Diskon itu, Alhamdulillah, Lumanyan banget ngebantu.. maklum dana saya jg pas2an..hehe.

    BalasHapus
  5. makasih banget info nya , saya minus 4 di mulai dari sma.......bisa nga kalo minusnya udah lama makasih..........

    BalasHapus
  6. InsyaAllah, bisa Pak.. saya dari kelas 6 SD akhir, jaman2 ebtanas.. min terakhir, 4.75 silinder 1.75, yg kiri min 5, silinder 1.75.
    nanti sebelum lasik ada tes2 yg harus dilaluin jg koq.. ntar deh, saya tulis jg di blog ini

    BalasHapus
  7. Saya mau di lasik tapi yang i-lasik , saya baca di posting harga diatas gimana sih perhitungannya ? per mata ? saya minus 4.50 an dan silinder juga 1,25 ( kira-kira) ...jadi bisa kena gede yah-tks

    BalasHapus
  8. besarnya ukuran mata (minus & silinder) 'nggak pengaruh sama harga mbak.. harga di-itungnya per mata aja. maksudnya 1 or 2 mata yg mau dilasik. n jenis lasik yg dipilih, lasik or i-lasik.. jadi tenang aja.. 'met di i-lasik ya.. ^_^

    BalasHapus
  9. Wahh..terima kasih mas atas sharingnya..bagi rekan disini yang ingin tahu lebih lanjut mengenai teknologi iLASIK (teknologi terbaru LASIK yg telah di setujui NASA dan US ARMY) bisa datang di seminar kami yang di adakan di Jakarta & Bandung. Tanggal 18 April 2009 nanti, ada spesial diskon lho untuk yg ikut seminar..lebih jelas nya bisa datang ke pameran2 kami..bisa kunjungi www.klinikmatanusantara.com ato telp ke Call Center kami 021 - 563 6699 atau melalui saya juga bisa (saya Marketing KMN)..terima kasih

    BalasHapus