Minggu, 15 April 2007

Friends is..

Apa arti temen buat loe…!?!

Sebenernya mungkin nggak perlu dibahas pertanyaan ini.

Sampai temenku juga ngerasa aneh, waktu aku nanya ‘ma dia. Dia malah nanya balik, “loe baek2 aja kan? Ada apa ‘tin?”,,,

Memang mungkin nggak penting dibahas, tapi ternyata nggak semua orang punya persepsi yg sama soal temen. ‘Cause aku pernah salah paham ma seseorang, gara2 persepsi kata arti temen. Udah ngobrol n kenal lamaa ‘nggak nyambung2. Ternyata arti temen buat kita be2 beda. Udah lama sih kejadiannya. Tapi jadi keingetan lg… ‘n Jadi pengen nulis ini deh…

 

Kalo nggak salah sih, arti temen menurut bahasa: orang yg sebelumnya kita nggak kenal, ‘trus kenalan, ‘trus jadi temen deh..  walaupun kenalnya cuma selewat..  contohnya temennya temen, temen sekolah dulu, temen kantor, temen les,  dll.

 

Tapi buat aku, arti temen sebenernya nggak sesempit itu.

Arti temen lebih sebagai temen deket, sahabat atau orang2 yg udah kita anggep spt sodara kita sendiri, dimana kita bisa saling berbagi susah or seneng bareng2. ‘n Kalo cuma kenal selewat2 aja sih, buat aku itu blm termasuk kategori temen… cuma masuk kategori ‘kenal’.

 

Memang ‘nggak gampang nyari temen yg bener2 temen… tp nggak susah2 juga sih… Kadang tiba2 aja kita ketemu ma orang2 baru, langsung nge-klik, ngobrol apapun nyambung ‘n berlanjut deh jd temen deket nggak peduli itu cewe or cowo. Tp kadang, biarpun udah kenal lama, tetep aja ga bisa deket. Tapi bisa jadi dengan berjalannya waktu, akhirnya bisa jadi deket. Semua terjadi begitu aja… tanpa diatur ‘n dipikir2… setiap orang pasti pernah ngalamin. (eh nggak juga kali ya… waa.. da’ tahu deh. Yg pasti itu pengalaman akyu..he2.)

 

Jadi inget kata2 temen aku.. waktu dia curhat soal partner sekantornya….

temenan itu nggak bersyarat kan ‘tin…?!?

Tp koq susah ya cari temen yg bener2 temen.

 

Yup, setuju. semuanya emang berjalan bgitu aja…tanpa syarat apa pun.. mungkin yg plg penting, trust, saling nerima, komunikasi ‘n jujur. Itu aja kali ya..

Ditengah temen2, kita bisa jadi diri kita sendiri, mau lg bener or lg dodol bin ‘oon sekalipun.. cuek aja, semua tetep seru.. justru itu yg jd bumbu biar lebih sip, kali ya..

 

‘n Bener bgt, kalo it’s hard to find a good friend. Biarpun udah jadi temen baek, kadang ada aja kerikil yg jadi ujian sobatan kita. Kalo kita bisa ngelewatin itu semua, sobatan bisa makin mantep. Tapi tergantung jenis kasusnya… aku pernah ngalamin kasus yg very2 complicated, ber4 lg, yg ada sakittt bo.. tp untungnya, akhirnya semua bisa baek2 aja. Walopun awalnya sempet agak susah. ups, udah ah.. ntar jadi curhat yg laen lg.

Eh jadi inget, waktu kejadian itu jg, tiba2 salah satu sobat gw nanya.

‘tin, apa sih arti temen terbaek buat loe?

Waktu itu, aku sempet diem.. nggak tahu harus ngejawab apa…

sampe akhirnya aku jawab: “temen terbaek buat aku itu nggak perlu didefinisi-in, tapi dirasain aja…lu pasti bisa ngerasa jg koq… yg pasti dia orang yg tulus bisa nerima kita apa adanya, bisa sharing, susah or seneng ‘n orang yg ngarepin apa yg terbaek buat kita.

Sampe akhirnya loe bilang, “tin, loe salah satu temen terbaik gw…

Hiks… Jadi terharu gw ngedengernya, nggak nyangka tiba2 loe bilang bgitu. Padahal dulu kita pernah diem2an ‘n susah buat bisa sejalan. Tp ternyata skrg kita malah bisa temenan baek.. thanks jg ya say, lu udah support gw bgt, wkt itu...

 

Yah… whatever deh… apa pun arti temen buat orang2… terserah..

Tapi pastinya buat aku, ‘nggak ada teori apapun soal pertemenan. Pake hati nurani  aja… ‘n satu lg yg penting, temenan itu ‘never ending story…’

Disaat sebagian temen2 baek kita sibuk sampe terkesan lupa ma kita, bakal dating temen2 baru yg bakal bikin cerita2 baru yg seru dlm hidup kita.

 

Kesimpulan…temen baek itu anugrah…

Gw bersyukur, walaupun untuk saat ini, gw blm punya ‘seseorang’, Alhamdulillah, gw dikasih anugrah temen2 baek yang selalu ada buat aku disaat susah or seneng, biarpun kita nggak bisa ketemu setiap saat…tapi kita tahu, kalo kita selalu ‘deket’.

I love you, guys…. Loe semua udah bikin hidup gw lebih berwarna….

Thanks guys…  muah2.. Hwuueekkk….  hehehe

 

Ya udah deh.. segitu aja…

 

-----------

Perhatian!!!

Tulisan ini cuma buat sharing aja.. sekedar ngeluarin pikiran ‘n uneg2 yg beberapa hari ini muter2 di otak gw. Tanpa bermaksud sok tahu atau apapun, karena gw bukan psikolog, dosen, or ahli relationship…

Ok, buat yg mau ngasih komentar or complain.. please feel free to tell me.

 

Bandung, dAgo.Pojok,

15 April 07, 00.30 wib

2 komentar:

  1. menurut aku sih, temen itu bersyarat say, tiap-tiap orang pasti punya syarat tertentu buat siapa yang akan jadi temennya, disadari or tidak, yang pasti jarang ada orang yang ingin berteman sama "tukang bohong", "pembawa sesat", atau "gak nyambung berkomunikasi'... hiiiihiii... tapi disamping itu bukan berarti kita juga gak bisa toleran sama sifat-sifat jelek temen. lawong kita sendiri juga punya segudang sifat jelek, tapi apakah sifat jelek itu masih bisa ditolerir or gak pastinya tergantung yang punya hajat pertemanan itu... :)

    BalasHapus
  2. thanks ya mbak, bener bgt say comment-nya..
    rada beurat euy, kalo punya temen dgn spec bgitu.. 'cape deh... hehe
    'n biasanya bakal ada 'seleksi alam' juga... yg akhirnya ngebuktiin, mana yg bener2 temen baek or bukan.... cuma waktu yg bisa ngejawab semuanya.. (hehe, sok puitis..)

    BalasHapus